PROFIL PUSAT MA’HAD AL-JAMI’AH

Pusat Ma’had al-Jami’ah (PMJ) STAIN Kediri adalah salah satu unit kampus yang fokus di bidang pemantapan akidah, spiritualitas, dan akhlak mahasiswa. Tujuan utama terbentuknya ma’had ini adalah sebagai wadah kaderisasi mahasiswa yang ahlu al-din, mempunyai ruh jihad tinggi berbasis kearifan lokal.

Selain di bidang al-Qur’an, Ma’had al-Jami’ah STAIN Kediri juga mengembangkan keilmuan di bidang hadis, yang mana setiap santri wajib menghafalkan hadis-hadis pilihan yang terkumpul dalam kitab “al-Ahadis al-Sharifah”. Hal inilah yang menjadi distingsi ma’had dengan ma’had al-Jami’ah lainnya, dan menjadi satu-satunya Ma’had al-Jami’ah di Indonesia yang fokus di bidang tahfidz hadis.

Kompetensi santri di bidang al-Qur’an dan Hadis akan dibingkai dengan kompetensi kebahasaan. Sebagai bahasa Internasional, bahasa Arab dan bahasa Inggris wajib dikuasai santri secara aktif lisan dan tulisan, sehingga alumni Ma’had al-Jami’ah STAIN Kediri mempunyai daya saing tinggi dan siap mengabdi di masyarakat.

Pada tahun ini, Pusat Ma’had al-Jami’ah masih memiliki satu unit mabna dengan kapasitas 192 santri. Setiap santri wajib tinggal di ma’had selama dua tahun dengan capaian kelulusan yang sudah ditetapkan.

Sebagai penunjang pembelajaran santri, Ma’had al-Jami’ah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, diantaranya musholla, perpustakaan, kamar tidur representative, kamar mandi,  kantin, laundry, dll.